Wajib Baca.!! 7 Kesalahan Terbaru Yang Sering dilakukan Saat Membeli PC Gaming

Wajib Baca.!! 7 Kesalahan Terbaru Yang Sering dilakukan Saat Membeli PC Gaming

Banyak para pengguna pc gaming tidak secara di ketahui bahwa barang tersebut tidak bisa di gunakan dengan normal dan baik sehingga admin kapten teknologi akan membahas 7 Kesalahan Terbaru Yang Sering dilakukan Saat Membeli PC Gaming sebagai berikut: 

1. Membeli PC Gaming Karena Tampilannya Keren

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Banyak yang mengatakan "jika lebih besar, maka itu lebih baik". Apakah benar? Belum tentu. Sering kali tampilan PC gaming yang terlihat keren tidak memiliki komponen yang high-end di dalamnya. Sebenarnya tidak masalah jika tampilan sebuah PC terlihat biasa asalkan di dalamnya terdapat komponen yang tepat.
Kita bisa saja menghabiskan banyak uang hanya karena memilih PC yang dari luar terlihat bagus. Namun apakah itu benar-benar perlu? Sebenarnya jika kita ingin berhemat sedikit, kita bisa mengalihkan separuh biaya tersebut untuk keperluan yang lain.

2. Melupakan Besaran File Game yang Bisa Dimuat

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Saat kalian memutuskan membeli PC gaming, apakah kalian memikirkan spesifikasi drive penyimpanan yang akan dipilih? Saat ini kita mesti ingat jika besaran file video game modern jauh lebih besar, bahkan beberapa video game yang berlabel AAA biasanya memiliki ukuran file lebih dari 30 GB.
Bisa saja game masa depan beberapa tahun lagi akan memiliki ukuran yang lebih besar lagi. Belum lagi jika diperhatikan game-game tersebut selalu mendapatkan pembaruan rutin, pastinya membutuhkan lebih banyak lagi ruang penyimpanan yang kosong.
Jika kamu tipe gamer yang bermain dalam satu waktu kemudian langsung menghapus game tersebut, tentu tidak jadi masalah soal besaran file game ini. Tapi jika kamu tipe gamer yang suka menyimpan banyak permainan untuk bisa dimainkan bergantian, maka memilih spesifikasi hard drive yang tepat adalah sebuah keharusan.
Untuk penyimpanan yang besar, kita mungkin bisa menambah hard drive atau SSD tambahan. Jika ingin mendapatkan akses penyimpanan tercepat, maka kita bisa memilih menggunakan SSD dengan kecepatan 7.200 RPM yang telah didukung oleh kabel SATA III 6.0 Gbps.

3. Tidak Merencanakan Masa Depan

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Perkembangan teknologi hardware kian terasa cepat, inilah alasan mengapa spesifikasi dan fitur mereka juga terus mengalami peningkatan. Seiring kemajuan zaman, perangkat hardware tersebut juga akan menuntut perangkat yang lebih baru lagi untuk bisa menjalankan sebuah game.
Nyatanya siklus upgrade PC gaming jauh lebih cepat daripada perangkat konsol seperti Xbox dan PlayStation. Meskipun kita masih bisa menjalankan game baru tanpa harus melakukan upgrade komputer, lama-kelamaan game tersebut tidak akan lagi support untuk bisa dimainkan.
Maka dari itu, sebelum membeli PC gaming, hal penting yang mesti kita lakukan adalah memikirkan apakah spesifikasi yang kita pilih bisa di-upgrade kemudian hari atau tidak. Misalnya, jangan memilih membeli motherboard yang saat ini sudah ada yang terbaru, pilih motherboard yang mendukung soket CPU yang kompatibel dengan prosesor terbaru. Karena jika memilih motherboard yang sudah agak tertinggal, hanya akan membebani kita pada proses upgrading di kemudian hari nanti.

4. Berhemat Untuk Membeli Power Supply

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Ada beberapa alasan mengapa memilih power supply merupakan hal yang penting. Alasan yang pertama adalah jika salah dalam memilih power supply, maka hal ini bisa menyebabkan masalah yang serius. Fungsi power supply adalah memberikan sumber daya listrik ke semua komponen di dalam PC, jika kinerja power supply tidak maksimal, maka dapat merusak atau menghancurkan komponen di dalam PC, bahkan ini bisa menimbulkan arus pendek dan membakar setiap komponen PC.
Selain itu power supply yang berkualitas rendah memiliki kinerja yang tidak efisien. Artinya, bisa meningkatkan tagihan listrik. Kita juga perlu memastikan jika power supply yang ingin dibeli memiliki daya yang cukup untuk mendukung semua komponen perangkat di komputer. Karena pada dasarnya CPU dan GPU yang bagus akan membutuhkan sumber daya yang lebih besar daripada komputer non-gaming.

5. Membeli Fitur yang Tidak Dibutuhkan

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Anggap saja kita ingin membeli komputer khusus untuk keperluan gaming, ini berarti kita hanya membutuhkan spesifikasi dan fitur yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih baik. Maka dari itu, pastikan uang yang kita belanjakan sudah tepat untuk membeli komponen yang kita perlukan saat ini dan mendahulukan komponen utama yang lebih berkualitas untuk kebutuhan gaming.
Beberapa fitur yang bisa kita abaikan seperti CD/DVD Drive, mungkin juga WiFi adapter tidak penting karena sudah digantikan dengan koneksi langsung menggunakan ethernet, casing PC yang terlalu mahal juga bisa diabaikan, speaker mungkin juga bisa digantikan dengan headphone USB yang lebih praktis dan dari segi harga juga lebih terjangkau.

6. Mendapatkan Fitur APU dan GPU Sekaligus

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Apa pengertian APU? APU kepanjangan dari Accelerated Processing Unit, di dalamnya sudah dilengkapi dengan CPU dan GPU dalam satu chip. Bukan bermaksud menilai mana yang paling baik saat ini, namun sering kali GPU yang tertanam di dalam satu chip tersebut tidak bisa menawarkan pengalaman gaming yang mengesankan seperti saat kita menggunakan kartu grafis generasi yang terbaru saat ini.
Meskipun begitu, kita bisa memilih salah satunya saja, yaitu memilih komponen CPU dan GPU yang terpisah atau memilih menggunakan komponen APU saja. Jika kedua komponen tersebut digabung, maka akan membuat salah satunya tidak akan berfungsi dengan baik. Misalnya saat membeli komponen APU, kemudian ditambah dengan membeli kartu grafis tambahan, maka yang terjadi separuh dari fungsi GPU pada APU tidak akan berfungsi maksimal dan hal ini merupakan pemborosan.

7. Berpikir PC Gaming Membutuhkan Banyak RAM

7 Kesalahan Saat Membeli PC Gaming
Memang tidak bisa dipungkiri jika video game modern pastinya membutuhkan pasokan RAM yang cukup besar, namun kemungkinan tidak sampai terlalu besar karena hal ini tergantung dari spesifikasi game yang ingin dimainkan. Pastikan kamu memiliki RAM yang cukup untuk memainkan game apa pun, lalu kemudian jangan berpikir jika kita membutuhkan banyak RAM dan berharap membuat game dapat berjalan lebih mulus.
Faktanya, RAM yang banyak tidak lantas membuat game dapat berjalan lebih lancar. Namun sebagai gantinya coba pikirkan memilih kartu grafis yang memberikan lebih banyak kapasitas VRAM, karena teknologi tersebut yang memungkinkan untuk menggenjot kemampuan menampilkan resolusi yang lebih tinggi dan visual yang lebih baik saat memainkan video game.
Contoh dalam hal ini adalah game Star Wars Battlefront yang hanya membutuhkan minimal RAM 16 GB, dengan menambah RAM sampai 32 GB tidak lantas bisa membuat game tersebut berjalan lebih baik saat dimainkan, setuju?

Itulah 7 kesalahan Terbaru yang sering dilakukan saat membeli PC gaming. Kamu pernah melakukannya? Silakan share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!