Update Terbaru 2019 : 12 Cara ampuh mudah mengatasi komputer lambat

Update Terbaru 2019 : 12 Cara ampuh mudah mengatasi komputer lambat


Cara mudah mengatasi komputer lambat - kesel menurut saya kata yang tepat jika kita menjalankan suatu komputer atau laptop yang berkerja lambat bahkan sangat lambat, Seperti yang kita ketahui kadang kala ada saatnya dimana Komputer/PC/Laptop kita tiba-tiba menjadi lambat, bahkan sangat lambat, hingga Hang baik ketika mulai dihidupkan, dipakai, maupun dimatikan. Jelas sekali perbedaan yang mungkin kamu rasakan ketika install ulang windows yang masih benar-benar fresh! pasti was was banget kan dibandingkan yang sudah kamu pakai bertahun-tahun dengan banyaknya aplikasi yang terinstall, cache registry, maupun kemungkinan virus. Kira-kira apakah yang  menyebabkan bisa terjadinya hal tersebut? Banyak sekali faktor yang mungkin kamu semua yang akan admin bahas pada postingan kali ini yuk kita simak tips cara mudah mengatasi komputer lambat 

  cara mudah mengatasi komputer lambat

Update Terbaru 2019 : 12 Cara ampuh mudah mengatasi komputer lambat 

Berikut ini cara mengatasi komputer lambat

1. Meng-uninstall software yang tidak penting.
Ketika kita menyalakan windows otomatis semua program yang telah di set pada startup akan bekerja. Namun apakah semua program tersebut dibutuhkan saat agan/i menggunakan PC/Laptop? Hal ini penting sekali untuk melihat aplikasi yang telah terinstall agan/i bias masuk ke Control Panel\Programs\Programs and Features. Disini semua akan terlihat software apa saja yang agan/i install maupun gunakan coba dicari untuk aplikasi yang tidak penting lalu hapus seperti malware, toolbar search, baidu all program, dsb. Meng-uninstall software yang tidak penting juga dapat melegakan ruang penyimpanan hardisk agan/i.

2. Menon-aktifkan aplikasi running yang sedang berjalan
Biasanya tanpa sadar setelah kita membuka beberapa aplikasi secara tidak langsung, aplikasi tersebut masih berjalan di task manager, padahal kita sudah menutupnya. Pastikan lagi untuk agan/i semua membuka kembali task manager (ctrl+shift+esc), pilih program yang masih running tsb dan paksa untuk end task.

3. Cek spesifikasi hardware PC/Laptop.
Sudah install ulang PC/Laptop agan/i masih tetep lemot? Periksa dulu hardware dan spesifikasi PC/Laptop yang dipakai. Coba cek dari prosessor, jumlah ram, motherboard, dan VGA. Bisa jadi komponen tersebut sudah terlalu jadul tapi masih memaksakan untuk dipakai he”. Sekedar saran saja kalu spesifikasi prosessor agan masih Dual Core, RAM 1GB dengan VGA oboard, sebaiknya gunakan OS Windows XP, dan aplikasi yang tidak terlalu berat atau jika mempunyai dana berlebih bias untuk diupgrade minimal ke Intel Core i3 dan disarankan standar RAM untuk saat ini minimal 2GB. (start\dikolom run\ketik dxdiag\enter)

4.  Matikan Visual Effect yang berlebih pada Windows.
Fungsi dari Visual efek memang digunakan untuk membuat tampilan windows menjadi  cantik, namun Visual efek memiliki pengaruh terhadap performa/kinerja komputer. Sehingga jika Visual efek dinonaktifkan pastinya akan berpengaruh terhadap kinerja laptop atau komputer anda menjadi lebih cepat. Mungkin bagi agan/i yang bekerja di dunia Design pastinya menginginkan tampilah PC/Laptopnya menarik kan he”. Untuk pengguna Windows 7 bisa di menu Start\klik kanan pada Computer\properties\Advance system setting\pilih tab advanced\performance\pilih custom. Matikan Visual efek yang tidak perlu.

5. Melakukan Disk Clean Up pada Hardisk.
Ketika windows baru di install registry, cache, dan cookies masih belum tersimpan, tapi setelah agan/i pakai untuk install program, browsing dan lainnya semua itu akan tersimpan didalam registry dan menumpuk di hardisk. Sehingga akan membuat kinerja komputer/laptop menurun. Untuk menghapusnya bias menggunakan program bawaan windows dengan klik start\all program\pilih accessories\system tool\Disk Clean Up. Tinggal klik Cleanup system files, atau bisa juga menggunakan software lain seperty CCleaner yang sangat ampuh juga dengan fitur all in one.

6. Melakukan Defragment pada Hardisk.
Apa sih defrag hardisk dan kegunaanya? Secara umum aplikasi ini tidak membersihkan ataupun menghapus file, melainkan menata ulang, mengatur berkas-berkas yang ada pada hardisk agar si komputer/laptop bisa dengan mudah membacanya, jadi kinerjanya akan meningkat. Untuk defragment lakukan secara berkala seperti sebulan sekali atau 2 minggu sekali lebih bagus, terutama jika kita yang kerjanya setiap hari mengarsip file-file baru di hardisk. Default bawaan windows Klik start\all program\accesories\klik system tool dan Disk Defragmenter. Atau bisa menggunakan aplikasi ketika yang sering admin pakai yaitu Auslogisk DiskDefrag.

7. Menghapus Cookies, Recent Place, History.
Racent place merupakan histori atau jejak kita memakai komputer atau laptop yang akan di simpan di sana. Setiap kita membuka file baik itu music, dokumen, data pastinya akan terecord di recent place. Memang sih sebenarnya tidak terlalu penting tapi jika ditimpuk berbulan-bulan pastinya akan menjadi masalah dan harus di bersihkan untuk memaksimalkan kinerja komputer. Caraya sebagai berikut masuk pada My Computer\klik Recent place\hapus semua file. Atau aplikasi ketiga seperti biasa CCleaner yang ampuh hanya dengan sekali klik.

8. Cek PC/laptop terkena virus, spyware, malware atau tidak.
Merasa komputer agan/i berjalan seperti siput alias lambat? Jangan anggap remeh karena bisa jadi komputer agan/i terjangkit virus/Trojan yang berbahaya dan virus worm jaringan. Oleh Norman Antivirus, virus yang merupakan varian virus LNK (shortcut) ini terdeteksi sebagai W32/Agent.VARB. Worm ini sendiri merupakan salah satu kelompok worm yang mampu mengganggu sistem komputer dalam jaringan dan mencoba memanipulasi sistem yang ada dalam jaringan. Kemampuan utama dari worm ini adalah dengan melakukan broadcast internet dan membuat komputer menjadi lambat. Ada juga virus yang bisa meng-clone folder maupun program yang diinfeksinya. Untuk menscannya gunakan antivirus terbaru ya dengan updatannya bisa pake AVG, Avira, Norton, NOD , BitDef, atau Kaspersky.

9. Cek PC/Laptop lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi Hang, dikantor ane ada notebook yang mengalami kasus seperti ini dan setelah diteliti penyebabnya adalah kipas prosessor yang rusak sehingga saluran anginnya terhambat. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Cek system files pada windows jangan sampai corrupt.
Hal ini mungkin sudah menjadi permasalahan yang mendasar yang menyebabkan nantinya PC/laptop kita harus diinstall ulang. C:\Windows\ disinilah terdapat semua dll, maupun installasi windows yang digunakan saat startup. Hal-hal yang menyebabkan file windows corrupt biasanya karena masalah PC/laptop yang mati tiba” gara” listrik dsb. Bisa juga terjadi karena masalah windows update, yang masih menggantung dan kita matikan paksa. Sebagian kasus juga terjadi akibat terjangkitnya virus yang memangsa file installan windows.

11. Cek Hardisk
Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia .
  • Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.
  • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
  • hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
12. Menonaktifkan aplikasi startup
Startup adalah system aplikasi yang berjalan sendiri ketika komputer dinyalakan dan sangat berpengaruh lambatnya komputer oleh karena itu perlu di nonaktifkan aplikasi yang menurut anda tidak di butuhkan. secara umum startup bisa kita temukan di TaskManager untuk windows 7 tekan Ctrl+R lalu ketik "msconfig" kemudian enter.

sekian mengenai artikel 12 Cara ampuh mengatasi komputer lambat atau lag semoga bermanfaat dan membantu anda. Terima Kasih