Perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit

Perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit

Perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit - Bit merupakan satuan data. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu.

perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit

Perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit


Sistem operasi windows 32-bit
32-bit tidak dapat menampung kapasitas RAM diatas 4 GB
Alasannya : 32-bit tidak direkomendasikan bagi perangkat dengan kapasitas RAM diatas 4GB, karena sistem operasi 32-bit itu di desain bagi perangkat dengan spesifikasi low-end dan hanya mampu menampung kapasitas maksimal sekitar 3,2GB.
Jika kamu paksakan untuk memasang kapasitas RAM diatas 4 GB pada sistem operasi 32-bit, maka sistem operasi itu hanya dapat membaca maksimal 3,2GB bukan 4GB atau diatasnya.

64-bit dapat menampung kapasitas RAM diatas 4 GB
Alasannya : Berbanding terbalik dengan 32-bit, pada sistem operasi Windows 64-bit ini dapat menampung bahkan lebih direkomendasikan bagi pengguna perangkat dengan kapasitas RAM diatas 4 GB. 64-bit di desain bagi pengguna dengan kebutuhan yang berat seperti bermain game atau video.

  1. Bisa menjalankan semua jenis aplikasi yang berbasis processor dibawahnya seperti basis 8 bit dan 16 bit.
  2. Lebih kompatible
  3. Dapat digunakan pada driver lama dengan ram kurang dari 4GB dan laptop/notebook versi lama.
  4. Kinerja lebih optimal jika digunakan pada RAM kapasitas 2GB.
  1. Tidak support menggunakan RAM diatas 4GB
  2. Tidak support menjalankan program basis 64 bit
  3. Tidak support menjalankan aplikasi atau game dengan ukuran yang besar
  1. Proses pengolahan data lebih cepat dan efisien bahkan 2 kali lipat daripada 32 bit
  2. Kinerja lebih optimal
  3. Sangat support dan kompatible segala program basis 32 bit
  4. Sangat support menjalankan program aplikasi dan game game berat.

Sayangnya penggunaan processor 64 bit tidak rekomendasi untuk pc versi lama. Agar kinerja lebih optimal penggunaan processor 64 bit harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.

Sistem operasi Windows 64-bit adalah versi bit terbaru dan secara otomatis dalam sistemnya pun lebih canggih jika dibandingkan dengan 32-bit. Hal tersebut sangat jelas membuat perbedaan kinerja antara Windows 64-bit yang lebih baik daripada 32-bit bila dibandingkan dengan hardware yang sama
Selain kinerja sistem yang berbeda, perbedaan antara 32-bit dan 64-bit lainnya yaitu terletak pada kemampuan untuk pengolahan dan membaca data. Hampir sama dengan nomor dua diatas, hal ini dipengaruhi karena 64-bit dengan teknologi yang lebih baru dan menyesuaikan dengan penggunanya.

Kemampuan yang dimiliki 64-bit untuk memproses data lebih besar dibanding 32-bit. Maka membuat perintah mengeksekusi lebih cepat, namun balik lagi kepada dukungan hardware yang canggih pula. Jika kamu memiliki hardware yang memadai, maka lebih baik untuk menggunakan 64-bit.
Dengan teknologi yang lebih lama dibandingkan dengan 64-bit, maka kemampuannya untuk menjalankan software atau perangkat lunak dengan arsitekturnya pun hanya versi 32-bit saja.
Kembali lagi pada teknologi 64-bit yang lebih baru, maka dapat menjalankan software dengan arsitektur baik itu 64-bit maupun 32-bit.

Perbedaan antara 32-bit dan 64-bit yaitu terletak pada kebutuhan pengguna. pengguna komputer dengan spesifikasi mumpuni dan kebutuhannya pun tidak hanya sekedar mengerjakan tugas, tapi bermain game dan rendering video, maka lebih direkomendasikan untuk menggunakan sistem operasi 64-bit.
Tapi, jika komputer kamu memiliki hardware yang biasa-biasa saja, maka gunakan versi 32-bit karena sudah dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel tentang perbedaan sistem operasi windows 32-bit dan 64-bit dapat membantu anda.